Cara Selamatkan Smartphone yang Tercebur di Air



       Salah satu penyebab rusaknya smartphone adalah tersiram atau tercebur di dalam air, memang sekarang sudah bermunculan smartphone tahan air, namun hanya sebagian orang saja yang mampu membelinya. Smartphone basah ketika kita kehujanan, smartphone terjatuh, di dalam bak mandi, smartphone jatuh saat memancing di sungai, smartphone tertumpah air minum, smartphone tersiram  dan sebagainya itulah kejadian-kejadian yang terjadi tanpa disengaja. Apakah kejadian –kejadian tersebut pernah terjadi pada anda? Mungkin saja anda pernah mengalami salah satu dari kejadian-kejadian tersebut. Hal ini pastilah membuat anda merasa sedikit panik dan hal ini juga pasti membuat anda merasa sangat kecewa, apalagi jika smartphone yang jatuh kedalam air tersebut adalah satu-satunya smartphone yang anda miliki. Lalu apa yang harus anda lakukan? Setelah anda mengambilnya dari dalam air pastilah yang ada dalam pikiran anda untuk segera memperbaikinya ke tempat service smartphone.

        Sebelum anda memperbaikinya ke tempat service smartphone, ada baiknya anda mencoba cara selamatkan smartphone yang tercebur di air dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.       Secepatnya segera ambil smartphone yang tercebur di dalam air tersebut agar air tidak merembes kedalam komponen-komponen yang terdapat dalam smartphone. Namun jika smartphone yang tercebur dalam air tersebut masih dalam keadaan di charge, anda jangan coba-coba untuk mengambil smartphone tersebut sebelum anda mencabut colokan chargenya karena arus listrik yang merambat di dalam air akan menyebabkan setrum jika tersentuh.
2.       Jangan hidupkan smartphone (biarkan smartphone dalam keadaan mati).
3.       Secepatnya lepaskan casing, baterei, sim card, dan memory card, hal ini di lakukan agar smartphone lebih cepat kering dan untuk mencegah kerusakan pada baterai, sim card dan memory card.
4.       Segera keringkan smartphone anda. Anda bisa mengeringkan smartphone anda dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut:
-          Dengan menggunakan kain yang mudah menyerap air.
-          Dengan menggunakan vacuum cleaner, vacuum cleaner dapat dengan cepat mengeringkan smartphone, arahkan vacuum cleaner pada seluruh bagian smartphone selama 20-30 menit.
-          Dengan menggunakan silica gel yang sering terdapat dalam kotak sepatu, silica gel bisa juga dipakai untuk mengeringkan smartphone yang basah karena tercebur di air, masukanlah smartphone dan silica gel dalam satu kotak.
-          Dengan menggunakan beras, anda juga bisa mengeringkan smartphone anda di dalam tumpukan beras dan biarkan smartphone anda didalam tumpukan beras selama semalam. Beras mampu menyerap kandungan air dengan baik, namun anda perlu sedikit berhati-hati karena bisa saja butiran beras  tersangkut di lubang-lubang yang terdapat pada smartphone seperti lubang speaker,lubang slot memory dan lain-lain.

      Nah itulah penjelasan singkat dan sederhana tentang tentang cara selamatkan smartphoneyang tercebur di air, semoga bisa bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih kepada anda yang sudah membacanya, simak juga informasi menarik lainnya Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas.   

0 Response to "Cara Selamatkan Smartphone yang Tercebur di Air"

Post a Comment