Tips Menghemat Baterai Android



       Sebelum kita masuk pada pokok bahasan tips menghemat baterai Android, terlebih dahulu saya akan berbagi sedikit informasi tentang apa itu Baterai? Baterai merupakan alat listrik kimiawi. Dalam bentuk listrik, baterai mampu mengeluarkan dan menyimpan energi tenaganya.

Baterai mempunyai 3 komponen yaitu:

1  . Batang Karbon sebagai Anode atau kutub positif
2  . Seng/Zn sebagai Katode atau kutub negative
3  . Pasta sebagai Elektrolit atau penghantar.

       Baterai terdiri dari 2 macam yaitu baterai Primer dan baterai Sekunder. Baterai Primer hanya bisa di pakai satu kali saja, sedangkan baterai Sekunder bisa di pakai berulang-ulang kali karena bisa di isi ulang dan bersifat Reversible reaction (bisa di balik).


     Gambar diatas merupakan salah satu gambar baterai handphone android, mungkin sama bentuknya seperti yang ada pada handphone android anda. Akhir-akhir ini sistem android semakin di minati masyarakat luas, pengunanya semakin hari semakin bertambah. Handphone android memang memiliki banyak kelebihan yaitu seperti kita dapat mendownload aplikasi dengan mudah dan kita juga dapat mengakses media sosial dengan sangat mudah serta tambahan fitur-fiturnya yang lain.


      Saya masih ingat, pada waktu pertama kali saya memakai handphone android saya agak terkejut ketika melihat baterainya yang mudah lemah, ternyata itu memang sudah lumrah. Itu semua terjadi karena sistem android yang mempunyai banyak fitur-fitur dan aplikasi yang selalu terhubung dengan internet, fitur-fitur dan aplikasi yang banyak tersebutlah yang mengharuskan sistemnya untuk terus bekerja menjalankan task-tasknya sehingga mudah sekali menguras tenaga energi baterai tersebut. Saya sering melihat baterai android saya cepat melemah walaupun di pakai dalam waktu yang tidak terlalu lama, mungkin hal tersebut juga sering terjadi pada handphone android anda.

    Baiklah, berikut ini saya akan memberikan trik atau tips menghemat baterai android, caranya yaitu sebagai berikut:
1.       Kurangi kecerahan (Brightnes layar)
Kecerahan yang terlalu tinggi atau terlalu terang pada layar android anda akan menguras tenaga baterai android anda.
2.       Matikan getar
Getaran yang terjadi karena panggilan dan sms juga akan mengurangi tenaga baterai android anda.
3.       Kurangi volume suara
Selain untuk menghindari terganggunya orang lain di sekitar kita akibat nada panggilan dan sms yang terlalu keras, mengurangi volume juga untuk menghemat tenaga baterai android anda.
4.        Matikan GPS
Memang GPS berguna untuk mencari tahu jalan atau untuk mengetahui di mana keberadaan teman kita, tetapi tentu kita jarang menggunakannya maka hidupkanlah GPS pada saat anda memerlukannya saja.
5.       Matikan wifi
Kita biasanya sering memakai wifi kantor atau kampus namun saat kita tergesa-gesa ingin pulang seringjuga kita lupa mematikannya pada android kita.
6.       Matikan Bluetooth
Fasilitas untuk bertukar data ini juga bisa menguras tenaga baterai android anda bila saja anda lupa mematikannya.
7.       Matikan layanan data
Jika anda sedang tidak ingin mengunjungi dunia maya, maka matikanlah layanan data pada android anda karena hal ini juga akan menguras energi baterai anda.

        Demikianlah tips menghematbaterai android dari saya, simak juga Cara Memilih Android China terima kasih banyak bagi anda yang sudah menyimak artikel dan semoga tips tadi dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.  

0 Response to "Tips Menghemat Baterai Android"

Post a Comment